Hasil temu technical meeting
JUKLAS DAN JUKNIS
JURASSIC 2024
TINGKAT PENGGALANG SD/MI
MTS Yapina Bojongsari
2024
PENDAHULUAN
Kreativitas dan intelektualitas lahir dari
motivasi individu dalam melakukan suatu kegiatan yang sangat berpengaruh. Dalam
mencapai hal tersebut diperlukan pengembangan diri yang aktif, kreatif dan
inovatif berlandaskan usaha dan pengalaman. Hal ini didasarkan pada sifat
apresiatif dan kreatif secara menyeluruh dengan implementasi dari suatu karya
seni yang dijadikan potensi diri dalam meningkatkan intelektualitas individu.
Representasi dari keintelektualitasan diri
tersebut menjadikan suatu karya kreativitas dengan bertajuk pengembangan
motivasi yang berbentuk sebuah kompetisi dari perjalanan yang dieksplorasi.
Dalam mewujudkan hal tersebut, MTs. Yapina Bojongsari Depok mengadakan kegiatan
"JURASSIC" (Journey as Scouting
Creative Competition) yaitu perlombaan Pramuka Penggalang SD/MI.
DASAR PENYELENGGARA
•
Undang-undang No. 12 tahun 2010 tentang Gerakan
pramuka
•
Anggaran dasar dan anggaran rumah tangga Gerakan
pramuka
•
Keputusan kwartir nasional No. 176 tahun 2013
tentang pola dan mekanisme pembinaan pramuka
TUJUAN KEGIATAN
Tujuan penyelenggaran ini adalah
sebagai ajang kreativitas bagi siswa SD/MI sederajat untuk menambah wawasan,
pengalaman dan pengetahuan dan meningkatkan rasa patriotrisme dengan memberikan
kegiatan yang kreativ, inovatif dan produktif dan kesatuan yang harmonis
dikalangan peserta.
TEMA KEGIATAN & MOTO
Tema kegiatan ini diambil dari
filosofi nama lomba yaitu “JURASSIC” merupakan singkatan dari (Journey as Scouting Creative Competition)
yang memiliki arti menulusuri perjalanan untuk memulai sebuah eksplorasi dengan
penuh petualangan. Hal ini melibatkan individu dan kelompok yang menuangkan
berbagai ide-ide kreatif, usaha yang inovatif dan ke intelektualitasan diri
berdasarkan motivasi. Motto adanya lomba ini yaitu “Jujur, Aman dan Asik” yang
berarti memaksimalkan kejujuran dalam kelancaran pelaksanaan lomba yang
dilakukan, selalu berusaha membuat rasa aman dalam kegiatan yang dilangsungkan
serta membuat suasana menjadi asik agar acara lomba berjalan dengan
lancar.
TECHNICAL MEETING
Hari & Tanggal :
20 Januari 2024
Waktu
:
13.00 Sd Selesai
Tempat
:
MTs Yapina
PENGUMPULAN ADMINISTRASI
File data lomba dapat dikumpulkan pada:
Tanggal :
08 Januari – 01 Februari 2024
Tempat :
MTs Yapina dan https://heylink.me/pasberma-jurassic/
WAKTU DAN TEMPAT PELAKSANAAN
Hari & Tanggal
: 10 Februari 2024
Waktu :
07.00 Sd Selesai
Tempat
:
MTs Yapina
PENDAFTARAN PESERTA
• Peserta
merupakan pramuka penggalang Tingkat SD/MI Sederajat Se-Jabodetabek
• Pendaftaran
dibuka mulai tanggal 08 Januari – 01 Februari 2024
• Kuota
maksimal 22 regu
• Setiap
pangkalan maksimal mengirimkan 4 Regu ( 2 Regu Putra dan 2 Regu Putri )
• Biaya
pendaftaran sebesar Rp. 250.000,-/regu
• Pendaftaran
dapat dilakukan di Mts Yapina & Via https://heylink.me/pasbermajurassic/
• Untuk
pengumpulan administrasi pendaftaran oflline diwajibkan mengisi link
pendaftaran yang tertera di https://heylink.me/pasberma-jurassic/ dan untuk pendaftaran
online diwajibkan mengumpulkan administrasi peserta di MTs yapina dengan batas
waktu saat registrasi ulang.
• Pembayaran
dapat dilakukan secara langsung di MTs Yapina atau transfer melalui bank BCA dengan nomor rekening 8801453031 atas nama MEYLANY PUTRI CAHYANI
• Untuk
info lebih lanjut dapat menghubungi:
Pendaftaran :
Kak Meylany 088224999345
Juknis Lomba :
Kak Rakan 081319276595
ADMINISTRASI PESERTA
• Formulir Pendaftaran |
(10 poin) |
• Surat Mandat Gudep |
(10 poin) |
• Fotocopy Kartu Keluarga (KK) / Biodata Rapot Peserta |
(10 poin) |
• Foto Regu + Bindamping ukuran 4R |
(10 poin) |
• Kwitansi / Bukti Pendaftaran (Fotocopy) |
(10 poin) |
•
Map Kancing (putra merah, putri kuning) •
Pengumpulan persyaratan peserta terakhir pada |
(10 poin) |
tanggal 01 Februari 2024 pada
pukul 14.00 WIB • Peserta yang melakukan registrasi ulang sebelum |
(10 poin) |
pukul 07.00
WIB akan mendapatkan |
(30 poin) |
FASILITAS KEGIATAN
•
Id Card Peserta dan Bindamping
•
Sertifikat Peserta dan Bindamping
MATA LOMBA
•
Pionering
•
KIM Mendengar
•
Menganyam
•
Semaphore
•
Morse
•
Sandi
•
PUPK
•
Yelling
•
Hampers Lebaran
KEJUARAAN
• Juara
1,2,3 Pionering (Pa/Pi)
• Juara
1,2,3 KIM Mendengar (Pa/Pi)
• Juara
1,2,3 Menganyam (Pa/Pi)
• Juara
1,2,3 Semaphore (Pa/Pi)
• Juara
1,2,3 Morse (Pa/Pi)
• Juara
1,2,3 Sandi (Pa/Pi)
• Juara
1,2,3 PUPK (Pa/Pi)
• Juara
1,2,3 Regu Terbaik (Pa/Pi)
• Juara
1,2,3 Yelling Per-Pangkalan
• Juara
1,2,3 Hampers Per-Pangkalan
• Juara
Umum Bergilir
TATA TERTIB PESERTA
•
Peserta wajib datang sebelum apel pembukaan
dimulai
•
Peserta wajib membawa peralatan yang telah
ditentukan oleh panitia
•
Peserta wajib menggunakan ID Card yang diberikan
oleh panitia selama lomba berlangsung
•
Peserta dilarang membawa benda tajam atau
membahayakan, mengotori lingkungan dan membuat kegaduhan selama perlombaan
•
Peserta dilarang keras melakukan kecurangan
selama lomba berlangsung.
TEKNIS
DAN PELAKSANAAN
WAKTU |
KEGIATAN |
TEMPAT |
KETERANGAN |
06.00 – 07.00 |
Registrasi Ulang |
Pendaftaran |
Semua Peserta |
07.00 – 08.00 |
Apel Pembukaan |
Lapangan Utama |
Semua Peserta |
08.00 – 09.30 |
POS 1 •
Pioneering •
Kim Mendengar •
Menganyam |
Lapangan Utama dan Ruang Kelas |
Semua Peserta |
09.30 - 11.30 |
POS 2 •
Semaphore •
Morse •
Sandi •
PUPK |
Ruang Kelas |
Semua Peserta |
11.30 - 13.00 |
ISHOMA |
Lapangan Utama dan Ruang Kelas |
Peserta dan Panitia |
13.00 - 15.00 |
POS 3 • Yel
yel |
Lapangan Utama |
Semua Peserta |
15.00 - 16.00 |
Istirahat dan Sholat |
Lapangan Utama |
Semua Peserta |
16.00 - 17.00 |
Penutupan |
Lapangan Utama |
Semua Peserta |
KETENTUAN PERLOMBAAN
•
Seluruh peserta diwajibkan datang ketempat
perlombaan 5 menit sebelum lomba dimulai
•
Setiap pangkalan mengirim maksimal 4 regu ( regu
putra 2 dan regu putri 2)
•
Setiap pangkalan membawa bindamping untuk masing-masing regu
•
Bindamping
tidak boleh memasuki area perlombaan dimulai dari pos 1 sampai pos 2, selama
perlombaan bindamping ditempatkan di tempat yang sudah disediakan
•
Peserta dan bindamping tidak boleh memasuki area yang
dilarang
•
Untuk penilaian umum atas hasil penilaian
kejuaraan permata lomba per regu dan administrasi peserta
TEKNIS LOMBA SD/MI
POS 1
a. Pionering
Peserta |
4 orang/regu |
Waktu |
20 menit |
Teknis |
• Jumlah
tongkat yang digunakan 10 tongkat dan
Cadangan maksimal 2 tongkat • Peserta
membuat pioneering sama persis seperti apa yang telah dibuat oleh panitia dan
akan diperlihatkan ketika Tehnical Meeting. |
Aturan |
• Setelah
selesai pembuatan pionering, peserta diwajibkan untuk melapor dan
menggantungkan ID Card salah satu peserta pada pioneringnya masing-masing • Pembuatan
pionering wajib menggunakan toya, tidak diperbolehkan menggunakan bambu •
Tidak diperkenankan menggunakan hiasan •
Tidak boleh memotong/menggunting tali pada
saat lomba pioneering |
Penilaian |
Kekuatan = 0 – 20
Point Kesesuaian Bentuk = 0 – 50 Point Ketepatan Simpul = 0 – 30 Point Total nilai = 100 point |
b. KIM
Mendengar
Peserta |
2 orang/regu |
Waktu |
10 menit, setelah selesai pengiriman soal |
Teknis |
• Peserta
KIM Dengar akan diperdegarkan 10 soal berupa instrumen potongan lagu daerah • Peserta
menjawab 10 judul
lagu daerah dan asal lagu daerah secara berurutan setelah selesai pemutaran
10 lagu daerah • Pemutaran lagu daerah
berdurasi 5 detik/ lagu • Saat pemutaran instrumen
lagu daerah, peserta dilarang untuk menulis • Jika
saat pemutaran lagu daerah ada peserta yang menulis akan di diskualifikasi |
Aturan |
•
Menggunakan pulpen tinta hitam •
Tulisan KAPITAL dan tidak ada penebalan atau
perbaikan •
Jika terdapat coretan/penebalan/perbaikan
dianggap salah •
Salah 1 huruf dianggap salah 1 soal •
Sistem pengumpulan : panitia mengambil lembar
jawaban peserta |
Penilaian |
1 soal benar = 10 point Total nilai = 100 point |
c. Anyaman
Kertas Origami
Peserta |
2 orang/regu |
Waktu |
30 menit |
Teknis |
• Peserta
menyiapkan alat dan bahan dari masing masing pangkalan • Anyaman
kertas origami bertemakan Batik • Peserta
diperkenankan membawa gunting atau alat potong lain, kertas yang dibutuhkan
dan alat yang dibutuhkan lainnya |
Aturan |
• Peserta
diberikan waktu selama 30 menit untuk mengerjakan • Tidak
boleh membawa kertas yang sudah dipotong dari pangkalan atau sebelum waktu
dimulai • Jika
terdapat kertas yang sudah dipotong dari pangkalan atau sebelum waktu dimulai
akan di diskualifikasi • Ukuran
anyaman maksimal 30 x 30 cm |
Penilaian |
Kesesuaian Tema = 0-35 Point Kreativitas = 0-35 Point Kerapihan dan kebersihan = 0-30 Point Total nilai = 0-100 point |
POS 2
a. Semaphoer
Peserta |
2 orang/regu |
Waktu |
10 menit, setelah peraga selesai mengirim soal |
Teknis |
• Soal
terdiri dari 10 kata baku bahasa Indonesia • Peraga
1 orang dengan kecepatan 1:1 dengan
menggunakan video yang disediakan oleh panitia • Peraga
akan memberikan aba-aba setiap pergantian soal • Saat
peraga memberikan soal peserta diperbolehkan mencatat jawaban dikertas
coretan yang sudah disediakan |
Aturan |
•
Menggunakan pulpen tinta hitam •
Tulisan KAPITAL dan tidak ada penebalan atau
perbaikan •
Jika terdapat coretan/penebalan/perbaikan
dianggap salah •
Sistem pengumpulan : panitia mengambil lembar
jawaban peserta |
Penilaian |
1 Huruf Benar = 1 point Total nilai = 100 point |
b. Morse
Bunyi
Peserta |
2 orang/regu |
Waktu |
10 menit, setelah peraga selesai mengirim soal |
Teknis |
•
Soal terdiri dari 10 kata baku bahasa
Indonesia • Menggunakan
aplikasi CW Player dengan kecepatan 8-12 wpm • Peraga
akan memberikan aba-aba setiap pergantian soal • Saat
peraga memberikan soal peserta diperbolehkan mencatat jawaban dikertas
coretan yang sudah disediakan |
Aturan |
•
Menggunakan pulpen tinta hitam •
Tulisan KAPITAL dan tidak ada penebalan atau
perbaikan •
Jika terdapat coretan/penebalan/perbaikan
dianggap salah •
Sistem pengumpulan : panitia mengambil lembar
jawaban peserta |
Penilaian |
1 Huruf benar = 1 point Total nilai = 100 point |
c. Sandi
Peserta |
2 orang/regu |
Waktu |
10 menit |
Teknis |
• Soal
terdiri dari 10 kata baku bahasa Indonesia • Sandi
bersumber dari Boyman, jenis - jenis sandi yang digunakan akan
diinfomasikan setelah melakukan pendaftaran |
Aturan |
•
Menggunakan pulpen tinta hitam •
Tulisan KAPITAL dan tidak ada penebalan atau
perbaikan •
Jika terdapat coretan/penebalan/perbaikan
dianggap salah •
Sistem pengumpulan : panitia mengambil lembar
jawaban peserta |
Penilaian |
1 Huruf benar = 1 point Total nilai = 100 point |
d. PUPK
Peserta |
2 orang/regu |
Waktu |
15 menit |
Teknis |
•
Soal terdiri dari 50 soal pilihan ganda ( 25
PU dan 25 PK ) • Untuk
soal PU bersumber dari Rangkuman
Panitia setelah mendaftar •
Untuk soal PK bersumber dari Boyman bab III, IV, dan VII •
Sumber boymen terbitan 2016 |
Aturan |
•
Menggunakan pulpen tinta hitam • Silang
di kotak lembar jawaban dan tidak boleh ada perbaikan jawaban •
Jika terdapat coretan/penebalan/perbaikan
dianggap salah •
Sistem pengumpulan : panitia mengambil lembar
jawaban peserta |
Penilaian |
1 soal benar = 2 point Total nilai = 100 point |
POS 3
a. Hampers
Lebaran
Peserta |
Pangkalan |
Waktu |
Registrasi Ulang |
Teknis |
•
Hampers dikerjakan dipangkalan
masing-masing •
Diserahkan kepada panitia saat registrasi
ulang sebelum acara dimulai |
Aturan |
•
Hampres bertemakan Lebaran •
Bentuk dan ukuran bebaskan dari pangkalan
masing-masing •
Isi dibebaskan dari pangkalan masing-masing,
yang terdiri dari makanan dan minuman •
Hampers tidak diperkenankan untuk di bawa
pulang |
Penilaian |
Kesesuaian Tema = 0 – 40 Point Kreativitas = 0 – 40 Point Ketepatan isi = 0 – 20 Point Total nilai = 100 point |
b. Yel-Yel
Peserta |
10 orang/Pangkalan |
Waktu |
4 menit |
Teknis |
•
Waktu yell dimulai ketika peserta memasuki
lapangan •
Waktu yell selesai setelah peserta terakhir
meninggalkan lapangan •
Ukuran lapangan 7 x 7 m •
Urutan tampil yell akan diundi saat daftar
ulang |
Aturan |
•
Peserta menggunakan Seragam Pramuka Lengkap • Diperbolehkan
menggunakan aksesoris tetapi tidak termasuk dalam penilaian dan tidak boleh menutupi seragam pramuka •
Tidak boleh menggunakan tongkat atau bambu •
Melebihi waktu yang ditentukan dikurangi 5
point/10 detik |
Penilaian |
Kekompakan = 0-30 Point Kreativitas = 0-40 Point Vokal = 0-30 Point Total nilai = 100 point |