Hasil Temu JUKLAK dan JUKNIS Lomba Jurassic Tingkat Penggalang SD/MI MTS YAPINA 2024







Hasil temu technical meeting

JUKLAS DAN JUKNIS

JURASSIC 2024


TINGKAT PENGGALANG SD/MI

MTS Yapina Bojongsari 

2024

 

 

PENDAHULUAN

 Kreativitas dan intelektualitas lahir dari motivasi individu dalam melakukan suatu kegiatan yang sangat berpengaruh. Dalam mencapai hal tersebut diperlukan pengembangan diri yang aktif, kreatif dan inovatif berlandaskan usaha dan pengalaman. Hal ini didasarkan pada sifat apresiatif dan kreatif secara menyeluruh dengan implementasi dari suatu karya seni yang dijadikan potensi diri dalam meningkatkan intelektualitas individu.

 Representasi dari keintelektualitasan diri tersebut menjadikan suatu karya kreativitas dengan bertajuk pengembangan motivasi yang berbentuk sebuah kompetisi dari perjalanan yang dieksplorasi. Dalam mewujudkan hal tersebut, MTs. Yapina Bojongsari Depok mengadakan kegiatan "JURASSIC" (Journey as Scouting Creative Competition) yaitu perlombaan Pramuka Penggalang SD/MI.

DASAR PENYELENGGARA

        Undang-undang No. 12 tahun 2010 tentang Gerakan pramuka  

        Anggaran dasar dan anggaran rumah tangga Gerakan pramuka  

        Keputusan kwartir nasional No. 176 tahun 2013 tentang pola dan mekanisme pembinaan pramuka  

 

TUJUAN KEGIATAN

Tujuan penyelenggaran ini adalah sebagai ajang kreativitas bagi siswa SD/MI sederajat untuk menambah wawasan, pengalaman dan pengetahuan dan meningkatkan rasa patriotrisme dengan memberikan kegiatan yang kreativ, inovatif dan produktif dan kesatuan yang harmonis dikalangan peserta.

TEMA KEGIATAN & MOTO

Tema kegiatan ini diambil dari filosofi nama lomba yaitu “JURASSIC” merupakan singkatan dari (Journey as Scouting Creative Competition) yang memiliki arti menulusuri perjalanan untuk memulai sebuah eksplorasi dengan penuh petualangan. Hal ini melibatkan individu dan kelompok yang menuangkan berbagai ide-ide kreatif, usaha yang inovatif dan ke intelektualitasan diri berdasarkan motivasi. Motto adanya lomba ini yaitu “Jujur, Aman dan Asik” yang berarti memaksimalkan kejujuran dalam kelancaran pelaksanaan lomba yang dilakukan, selalu berusaha membuat rasa aman dalam kegiatan yang dilangsungkan serta membuat suasana menjadi asik agar acara lomba berjalan dengan lancar. 

 

TECHNICAL MEETING

Hari & Tanggal           : 20 Januari 2024

Waktu                          : 13.00 Sd Selesai

Tempat                        : MTs Yapina

 

PENGUMPULAN ADMINISTRASI

File data lomba dapat dikumpulkan pada:

Tanggal            : 08 Januari – 01 Februari 2024

Tempat             : MTs Yapina  dan  https://heylink.me/pasberma-jurassic/

 

WAKTU DAN TEMPAT PELAKSANAAN

Hari & Tanggal           : 10 Februari 2024

Waktu                          : 07.00 Sd Selesai

Tempat                        : MTs Yapina

 

PENDAFTARAN PESERTA

      Peserta merupakan pramuka penggalang Tingkat SD/MI Sederajat Se-Jabodetabek

      Pendaftaran dibuka mulai tanggal 08 Januari – 01 Februari 2024

      Kuota maksimal 22 regu

      Setiap pangkalan maksimal mengirimkan 4 Regu ( 2 Regu Putra dan 2 Regu Putri )

      Biaya pendaftaran sebesar Rp. 250.000,-/regu

      Pendaftaran dapat dilakukan di Mts Yapina & Via https://heylink.me/pasbermajurassic/

      Untuk pengumpulan administrasi pendaftaran oflline diwajibkan mengisi link pendaftaran yang tertera di https://heylink.me/pasberma-jurassic/ dan untuk pendaftaran online diwajibkan mengumpulkan administrasi peserta di MTs yapina dengan batas waktu saat registrasi ulang.

      Pembayaran dapat dilakukan secara langsung di MTs Yapina atau transfer melalui bank BCA dengan nomor rekening 8801453031 atas nama MEYLANY PUTRI CAHYANI

      Untuk info lebih lanjut dapat menghubungi:

          Pendaftaran          : Kak Meylany 088224999345

          Juknis Lomba      : Kak Rakan 081319276595

 

ADMINISTRASI PESERTA

     Formulir Pendaftaran                                                        

(10 poin)

     Surat Mandat Gudep                                                         

(10 poin)

     Fotocopy Kartu Keluarga (KK) / Biodata Rapot Peserta

(10 poin)

     Foto Regu + Bindamping ukuran 4R                               

(10 poin)

     Kwitansi / Bukti Pendaftaran (Fotocopy)                        

(10 poin)          

        Map Kancing (putra merah, putri kuning)                        

        Pengumpulan persyaratan peserta terakhir pada

(10 poin)

          tanggal 01 Februari 2024 pada pukul 14.00 WIB            

     Peserta yang melakukan registrasi ulang sebelum

(10 poin)

          pukul 07.00 WIB akan mendapatkan                               

(30 poin)

 

FASILITAS KEGIATAN

        Id Card Peserta dan Bindamping

        Sertifikat Peserta dan Bindamping

 

MATA LOMBA

        Pionering

        KIM Mendengar

        Menganyam

        Semaphore

        Morse

        Sandi

        PUPK

        Yelling

        Hampers Lebaran

 

KEJUARAAN

      Juara 1,2,3 Pionering (Pa/Pi)

      Juara 1,2,3 KIM Mendengar (Pa/Pi)

      Juara 1,2,3 Menganyam (Pa/Pi)

      Juara 1,2,3 Semaphore (Pa/Pi)

      Juara 1,2,3 Morse (Pa/Pi)

      Juara 1,2,3 Sandi (Pa/Pi)

      Juara 1,2,3 PUPK (Pa/Pi)

      Juara 1,2,3 Regu Terbaik (Pa/Pi)

      Juara 1,2,3 Yelling Per-Pangkalan

      Juara 1,2,3 Hampers Per-Pangkalan

      Juara Umum Bergilir

 

TATA TERTIB PESERTA

        Peserta wajib datang sebelum apel pembukaan dimulai

        Peserta wajib membawa peralatan yang telah ditentukan oleh panitia

        Peserta wajib menggunakan ID Card yang diberikan oleh panitia selama lomba berlangsung

        Peserta dilarang membawa benda tajam atau membahayakan, mengotori lingkungan dan membuat kegaduhan selama perlombaan

        Peserta dilarang keras melakukan kecurangan selama lomba berlangsung.

 

TEKNIS DAN PELAKSANAAN

WAKTU

KEGIATAN

TEMPAT

KETERANGAN

06.00 – 07.00

Registrasi Ulang

Pendaftaran

Semua Peserta

07.00 – 08.00

Apel  Pembukaan

Lapangan Utama

Semua Peserta

08.00 – 09.30

POS 1

     Pioneering

     Kim Mendengar

     Menganyam

Lapangan Utama dan Ruang Kelas

Semua Peserta

09.30 - 11.30

POS 2

      Semaphore

      Morse

      Sandi

      PUPK

Ruang Kelas

Semua Peserta

11.30 - 13.00

ISHOMA

Lapangan Utama dan Ruang Kelas

Peserta dan Panitia

13.00 - 15.00

POS 3

Yel yel

Lapangan Utama

Semua Peserta

15.00 - 16.00

Istirahat dan Sholat

Lapangan Utama

Semua Peserta

16.00 - 17.00

Penutupan

Lapangan Utama

Semua Peserta

 

KETENTUAN PERLOMBAAN

           Seluruh peserta diwajibkan datang ketempat perlombaan 5 menit sebelum lomba dimulai

           Setiap pangkalan mengirim maksimal 4 regu ( regu putra 2 dan regu putri 2)

           Setiap pangkalan membawa bindamping untuk masing-masing regu

           Bindamping tidak boleh memasuki area perlombaan dimulai dari pos 1 sampai pos 2, selama perlombaan bindamping ditempatkan di tempat yang sudah disediakan

           Peserta dan bindamping tidak boleh memasuki area yang dilarang

           Untuk penilaian umum atas hasil penilaian kejuaraan permata lomba per regu dan administrasi peserta

 

TEKNIS LOMBA SD/MI

POS 1

a.       Pionering

Peserta

4 orang/regu 

Waktu

20 menit 

 

 

Teknis

      Jumlah tongkat yang digunakan 10 tongkat dan Cadangan maksimal 2 tongkat

      Peserta membuat pioneering sama persis seperti apa yang telah dibuat oleh panitia dan akan diperlihatkan ketika Tehnical Meeting.

 

 

Aturan

      Setelah selesai pembuatan pionering, peserta diwajibkan untuk melapor dan menggantungkan ID Card salah satu peserta pada pioneringnya masing-masing

      Pembuatan pionering wajib menggunakan toya, tidak diperbolehkan  menggunakan bambu

      Tidak diperkenankan menggunakan hiasan

      Tidak boleh memotong/menggunting tali pada saat lomba pioneering

Penilaian

Kekuatan  = 0 – 20 Point

Kesesuaian Bentuk = 0 – 50 Point

Ketepatan Simpul = 0 – 30 Point

Total nilai = 100 point

 

b.      KIM Mendengar

Peserta

2 orang/regu

Waktu

10 menit, setelah selesai pengiriman soal

 

 

Teknis

  Peserta KIM Dengar akan diperdegarkan 10 soal berupa instrumen potongan lagu daerah

  Peserta menjawab 10 judul lagu daerah dan asal lagu daerah secara berurutan setelah selesai pemutaran 10 lagu daerah

  Pemutaran lagu daerah berdurasi 5 detik/ lagu

  Saat pemutaran instrumen lagu daerah, peserta dilarang untuk menulis

  Jika saat pemutaran lagu daerah ada peserta yang menulis akan di diskualifikasi

 

 

Aturan

      Menggunakan pulpen tinta hitam

      Tulisan KAPITAL dan tidak ada penebalan atau perbaikan

      Jika terdapat coretan/penebalan/perbaikan dianggap salah

      Salah 1 huruf dianggap salah 1 soal

      Sistem pengumpulan : panitia mengambil lembar jawaban peserta

Penilaian

1 soal benar = 10 point

Total nilai = 100 point

 

c.       Anyaman Kertas Origami

Peserta

2 orang/regu

Waktu

30 menit

 

 

Teknis

     Peserta menyiapkan alat dan bahan dari masing masing pangkalan 

     Anyaman kertas origami bertemakan Batik

     Peserta diperkenankan membawa gunting atau alat potong lain, kertas yang dibutuhkan dan alat yang dibutuhkan lainnya

 

 

Aturan

     Peserta diberikan waktu selama 30 menit untuk mengerjakan 

     Tidak boleh membawa kertas yang sudah dipotong dari pangkalan atau sebelum waktu dimulai

     Jika terdapat kertas yang sudah dipotong dari pangkalan atau sebelum waktu dimulai akan di diskualifikasi

     Ukuran anyaman  maksimal 30 x 30 cm

Penilaian

Kesesuaian Tema = 0-35 Point

Kreativitas = 0-35 Point    

Kerapihan dan kebersihan = 0-30 Point

Total nilai = 0-100 point

 

POS 2

a.      Semaphoer

Peserta

2 orang/regu

Waktu

10 menit, setelah peraga selesai mengirim soal

 

 

Teknis

      Soal terdiri dari 10 kata baku bahasa Indonesia

      Peraga 1 orang dengan kecepatan 1:1 dengan menggunakan video yang disediakan oleh panitia

      Peraga akan memberikan aba-aba setiap pergantian soal

      Saat peraga memberikan soal peserta diperbolehkan mencatat jawaban dikertas coretan yang sudah disediakan

 

 

Aturan

      Menggunakan pulpen tinta hitam

      Tulisan KAPITAL dan tidak ada penebalan atau perbaikan

      Jika terdapat coretan/penebalan/perbaikan dianggap salah

      Sistem pengumpulan : panitia mengambil lembar jawaban peserta

Penilaian

1 Huruf Benar = 1 point Total nilai    = 100 point

 

b.      Morse Bunyi

Peserta

2 orang/regu

Waktu

10 menit, setelah peraga selesai mengirim soal

Teknis

      Soal terdiri dari 10 kata baku bahasa Indonesia

      Menggunakan aplikasi CW Player dengan kecepatan 8-12 wpm

      Peraga akan memberikan aba-aba setiap pergantian soal

      Saat peraga memberikan soal peserta diperbolehkan mencatat jawaban dikertas coretan yang sudah disediakan

Aturan

      Menggunakan pulpen tinta hitam 

      Tulisan KAPITAL dan tidak ada penebalan atau perbaikan

      Jika terdapat coretan/penebalan/perbaikan dianggap salah

      Sistem pengumpulan : panitia mengambil lembar jawaban peserta

Penilaian

1 Huruf benar = 1 point

Total nilai = 100 point

 

c.       Sandi

Peserta

2 orang/regu

Waktu

10 menit

Teknis

      Soal terdiri dari 10 kata baku bahasa Indonesia

      Sandi bersumber dari Boyman, jenis - jenis sandi yang digunakan akan diinfomasikan setelah melakukan pendaftaran

Aturan

      Menggunakan pulpen tinta hitam 

      Tulisan KAPITAL dan tidak ada penebalan atau perbaikan

      Jika terdapat coretan/penebalan/perbaikan dianggap salah

      Sistem pengumpulan : panitia mengambil lembar jawaban peserta

Penilaian

1 Huruf benar = 1 point

Total nilai = 100 point

 

d.      PUPK

Peserta

2 orang/regu

Waktu

15 menit

Teknis

      Soal terdiri dari 50 soal pilihan ganda ( 25 PU dan 25 PK )

      Untuk soal PU bersumber dari Rangkuman Panitia setelah mendaftar

      Untuk soal PK bersumber dari Boyman bab III, IV, dan VII

      Sumber boymen terbitan 2016

 

Aturan

      Menggunakan pulpen tinta hitam

      Silang di kotak lembar jawaban dan tidak boleh ada perbaikan jawaban

      Jika terdapat coretan/penebalan/perbaikan dianggap salah

      Sistem pengumpulan : panitia mengambil lembar jawaban peserta

Penilaian

1 soal benar = 2 point

Total nilai = 100 point

 

 

POS 3

a.       Hampers Lebaran

Peserta

Pangkalan 

Waktu

Registrasi Ulang

 

Teknis

      Hampers dikerjakan dipangkalan masing-masing 

      Diserahkan kepada panitia saat registrasi ulang sebelum acara dimulai

 

Aturan

      Hampres bertemakan Lebaran

      Bentuk dan ukuran bebaskan dari pangkalan masing-masing

      Isi dibebaskan dari pangkalan masing-masing, yang terdiri dari makanan dan minuman

      Hampers tidak diperkenankan untuk di bawa pulang 

 

 

Penilaian

Kesesuaian Tema = 0 – 40 Point

Kreativitas = 0 – 40 Point

Ketepatan isi = 0 – 20 Point

Total nilai = 100 point

 

 

b.      Yel-Yel

Peserta

10 orang/Pangkalan

Waktu

4 menit

 

Teknis

      Waktu yell dimulai ketika peserta memasuki lapangan

      Waktu yell selesai setelah peserta terakhir meninggalkan lapangan

      Ukuran lapangan 7 x 7 m

      Urutan tampil yell akan diundi saat daftar ulang

 

Aturan

      Peserta menggunakan Seragam Pramuka Lengkap

      Diperbolehkan menggunakan aksesoris tetapi tidak termasuk dalam penilaian  dan tidak boleh menutupi seragam pramuka

      Tidak boleh menggunakan tongkat atau bambu

      Melebihi waktu yang ditentukan dikurangi 5 point/10 detik

 

 

Penilaian

Kekompakan = 0-30 Point

Kreativitas = 0-40 Point

Vokal = 0-30 Point

Total nilai = 100 point

 


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama